Ayam Aduan Legenda Khas Daerah Bali

Ayam Aduan Legenda Khas Daerah Bali, Dalam sabung ayam untuk kualitas ayam aduan yang dianggap sempurna saat ini ialah ayam bangkok. Selain ayam bangkok ternyata dinegara tercinta kita Indonesia , Khususnya daerah Bali juga memiliki ayam aduan yang telah legenda.

Ayam Aduan Legenda Khas Daerah Bali

Ayam Aduan Legenda Bali

Jenis ayam aduan yang sudah melegenda ini bernama ayam olagan yang asli dari pulau Bali. Ayam ini juga sudah sangat sulit ditemui dikarenakan sudah sangat langka sekali. Sejauh ini belum lagi ada penanggulangan terhadap kejadian ini akibat kepunahan hewan – hewan lain mau pun ayam jenis ini.

Ayam olagan jantan sering dijadikan sebagai ayam petarung dan untuk betinnya dijadikan ayam petelur. Karena memiliki tingkat produksi yang bagus maka sangat cocok sekali dijadikan ayam petelur. Beberapa botoh disana juga mengatakan pukulan dari ayam olagan jantan juga tidak kalah hebat dengan ayam aduan lainnya.

 

Punahnya ayam olagan ini disebabkan oleh jarangnya penduduk bali menggunakan ayam ini sebagai pelengkap upacara atau tradisi, Sehingga tidak ada orang yang mau memeliharanya lagi.

Ciri – Ciri Ayam Aduan Olagan Bali
Bentuk tubuh ayam olagan lebih menyerupai ayam kampung.
Bobot tubuh ayam olagan jantan 2.5kg dan untuk betinanya 2kg.
Memiliki kaki yang halus.
Leher yang sangat pendek dan pertumbuhan bulu yang tidak sempurna.
Memiliki jengger yang kecil dan berwarna merah
Warna bulu yang dimiliki ayam olagan biasanya campuran dari putih, kuning, coklat dan hitam.

 

Demikian Ayam Aduan Legenda Khas Daerah Bali yang wajib kalian para botoh pemula ketahui. Semoga artikel yang sabungovo sampaikan bermanfaat untuk kesehatan serta menambah stamina bagi ayam aduan kalian. Ikuti terus artikel terupdate kami seputar sabung ayam / ayam aduan ,Terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *