Penyakit Tumor Yang Mematikan Bagi Ayam

Penyakit Tumor Yang Mematikan Bagi Ayam, Pastinya kalian para botoh pecinta unggas pernah menghadapi atau mengalami rintangan saat memelihara atau ternak ayam. Hewan ini sangat mudah sekali terkena penyakit yang diakibatkan perubahan musim yang mengakibatkan kandang ayam menjadi tidak terawat dan kotor.

Bakteri dan virus juga semakin mudah berkembang biak didalam kandang ayam yang kotor dan menjadi mematikan. Nama dari penyakit yang menyerang ayam ternak kalian merupakan Mareks Disease pada ayam.

Mareks Disease adalah penyakit kanker pada unggas, Khususnya pada ayam petelur maupun aduan. Penyakit limfoproliferatif yang umum pada unggas dapat mengakibatkan infiltrasi mononuklear dari satu sel bahkan lebih yang akan terjangkit.

Asal nama penyakit ini pertama kali dinamakan oleh ahli patologi Hungaria Jozsef Marek, Dimana pada tahun 1907 pertama kali ia menangani empat ayam yang terkena penyakit lumpuh.

Mareks Disease adalah infeksi virus herpes, Terlihat dari tahun 1980 dan 1990 strain yang sangat virulen yang telah menjadi masalah di Amerika Utara dan Eropa bahwa penyakit ini lebih sering menyerang ayam ketimbang kalkun yang berhubungan dengan ayam.

Penyakit Tumor Yang Mematikan Bagi Ayam

Kenali Gejala Penyakit Mareks Disease Pada Ayam

Gejala dan beberapa fase yang akan mempengaruhi berbagai bagian tubuh ayam yang telah terkena infeksi virus tersebut adalah sebagai berikut :

Sistem Saraf – tanda-tanda kelumpuhan pada kaki, sayap serta leher, kehilangan berat tubuh, mata kelihatan lesu serta terjadi gangguan penglihatan.

Organ – tumor yang berwarna putih keabu-abuan tampil di ovarium, hati, limpa, jantung, ginjal, serta organ yang lain. Unggas yang terkena penyakit Mareks dapat memperlihatkan tanda-tanda depresi, kelumpuhan, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, anemia, dehidrasi serta mengalami diare. Beberapa unggas mati tanpa ada pertanda yang timbulkan.

Kulit – tumor tampil di folikel bulu serta kulit di seputar folikel bulu di besarkan dan kasar. Burung menjadi menular saat kulitnya sudah terinfeksi.

Mareks Disease sering mengakibatkan kematian atau kehilangan produksi yang kronis baik pada ayam petelur atau ayam aduan.

Pada ayam daging, penyakit ini dapat berkembang dalam kurun waktu 3-4 minggu. Dengan berlapis, kebanyakan kematian terjadi antara umur 12 sampai 24 minggu. Tetapi pada beberapa kasus, penyakit ini mungkin tidak muncul sampai di kemudian hari. Unggas yang terkena di kemudian hari lebih mungkin terkena leukosis limfoid, yang mempunyai presentasi yang sangat menyerupai.

Demikian informasi Penyakit Tumor Yang Mematikan Bagi Ayam untuk kalian para botoh pemula. Semoga artikel yang sabungovo sampaikan bermanfaat untuk kesehatan serta menambah stamina bagi ayam aduan kalian. Ikuti terus artikel terupdate kami seputar sabung ayam / ayam aduan ,Terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *