Fakta Menarik Mengenai Hewan Bernama Ayam

Fakta Menarik Mengenai Hewan Bernama Ayam, Ayam adalah hewan ternak yang banyak dipelihara oleh manusia karena menguntungkan. Daging dan telurnya juga memiliki manfaat, ayam merupakan hewan ternak terbanyak populasinya di bumi ini.

Tidak hanya daging dan telurnya saja. Akan tetapi beberapa jenis ayam yang dapat dijadikan sebagai ayam hias maupun ayam petarung.

Fakta Menarik Mengenai Hewan Bernama Ayam

Beberapa Fakta Yang Jarang Diketahui Oleh Orang :

Memiliki nama ilmiah
Ayam mempunyai nama ilmiah Gallus Gallus Domesticus yang merupakan spesies dari unggas hutan.

Populasi ayam lebih banyak dibandingkan manusia
Populasi ayam pada tahun 2011 tercatat sudah mencapai 19 milyar sedangkan populasi manusia hanya 7 milyar. Serta populasi ayam ialah populasi paling tinggi dibandingkan dengan unggas lainnya.

Ayam hidup berdampingan dengan manusia sejak dulu
Ayam sudah hidup berdampingan dengan manusia sejak 10.000 tahun yang lalu, serta semakin banyak digunakan sebagai aduan dan tujuan ritual religius, terutama di daerah mesir pada abad ke-13 SM.

Ayam merupakan hewan omnivora
Ayam sering mencari cacing dengan cara menggaruk tanah dan juga berburu binatang berukuran besar seperti kadal, ular kecil dan juga tikus.

Rata-rata ayam hidup selama 5 hingga 10 tahun
Ayam tertua yang pernah masuk dalam rekor Guinness World Records yaitu berumur 16 tahun. Namun ayam tersebut kini tidak dapat kita lihat lagi dikarenakan terserang penyakit jantung dan telah mati.

Perbedaan mencolok antara ayam jantan dan betina
Ciri dari ayam jantan berada di kepala dengan jengger merah yang menjuntai dan yang melekat di bagian belakang kaki pejantan. Sedang ayam betina mempunyai jengger merah yang kecil serta tidak memiliki taji.

Ayam tidak dapat terbang
Mesti memiliki sayap akan tetapi hewan jenis unggas ini tidak dapat terbang, ia hanya dapat melompat menggunakan sayapnya.

Ayam tidur di pohon saat malam hari
Biasanya ayam akan memanjat pohon berukuran tinggi untuk istirahat ( tidur ), agar dapat menghindari serangan predator darat jika tidak memiliki kandang.

Ayam jago memiliki alarm tubuh
Pada saat matahari sudah mau muncul pada saat pagi hari, ayam jago akan otomtis berkokok. Hal tersebut dikarenakan ayam jago memiliki alarm tubuh dimana telah di buktikan jika ayam jago ditaruh dalam ruangan gelap gulita ayam jago akan berkokok menjelang pagi hari meskipun tanpa ada cahaya yang menerangi ruangan tersebut.

Ayam terkadang berkokok di malam hari
Menurut mitos beberapa masyarakat jika ayam jago berkokok pada malam hari bearti ada makhluk halus yang berada di sekitar ayam tersebut.

Variasi warna telur ayam
Telur yang dihasilkan oleh ayam petelur juga ternyata memiliki berbagai macam warna seperti putih , coklat , biru dan hijau. Bahkan telur berwarna ungu juga ditemukan di Asia Selatan berasal dari varietas Araucana.

Ayam suka mandi tanah
Jika sudah tidak ada kegiatan lagi ayam biasanya akan merebah dan berteduh di pasir atau tanah kering untuk mengibaskan sayap dan mencakar tanah. Kegiatan ini dilakukan agar dapat menyerap minyak berlebihan dan membersihkan parasit yang melekat pada tubuh ayam.

Demikian Fakta Menarik Mengenai Hewan Bernama Ayam untuk kalian para botoh pemula. Semoga artikel yang sabungovo sampaikan bermanfaat untuk kesehatan serta menambah stamina bagi ayam aduan kalian. Ikuti terus artikel terupdate kami seputar sabung ayam / ayam aduan ,Terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *