Cara Mengatasi Penyakit Kapur Pada Ayam

Cara Mengatasi Penyakit Kapur Pada Ayam, Penyakit berak kapur adalah jenis penyakit yang paling mudah menyerang ayam bangkok yang kita punya. Apalagi pada musim pancaroba seperti ini, peluang ayam kita untuk terkena penyakit ini begitu mudah.

Istilah penyakit kapur ini juga sebenarnya berasal dari kotoran ayam yang mengering, yang setelah itu akan menjadi seperti serbuk seperti kapur. Oleh sebab itu para masyarakat menyebutkan penyakit ini penyakit kapur.

Cara Mengatasi Penyakit Kapur Pada Ayam

Cara mengetahui ciri – ciri jika ayam terkena penyakit adalah sebagai berikut :
1. Ayam akan mengalami diare, dimana pada kotoran yang dikeluarkan berwarna putih dan di bagian dubur ayam mengeluarkan lendir.
2. Ayam menjadi pucat,lesu lemah serta mudah mengantuk
3. Nafsu makan ayam bangkok yang berkurang
4. Bulu ayam yang tampak kusam dan seringkali berdiri

Berikut Cara Mengatasi Penyakit Berak Kapur Pada Ayam Aduan :

Bersihkan kandang beserta alat pakan dan minum sang ayam. Untuk Ayam yang sakit dengan yang sehat jangan diberi satu kandang , tetapi di pisahkan akan tidak menular.

Saat dalam masa kawin, ayam jantan atau yang betina yang sudah terkena penyakit ini , diharapkan untuk tidak digunakan lagi karena nantinya anak ayam yang dihasil juga akan tertular penyakit tersebut.

Sebelum melakukan penetasan , diharapakan untuk telur ayam tersebut di bersihkan menggunakan kapas dengan alkohol 70 persen.

Kotoran ayam yang berwarna putih seperti kapur, harus secepatnya dibuang.

Cara terakhir yaitu dengan memberikan streptomycin, coccilin kapsul dan penstrep (penicilin-streptomycin). untuk dosis yang diberikan harus sesuai dengan rekomendasi dari pabrik pembuatnya seperti yang terdapat pada labelnya.

Demikian Cara Menyembuhkan Ayam dari penyakit kapur untuk kalian para botoh. Semoga artikel yang sabungovo sampaikan bermanfaat untuk kesehatan serta menambah stamina bagi ayam aduan kalian. Ikuti terus artikel terupdate kami seputar sabung ayam / ayam aduan ,Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *